15 January 2012

Ganti Ukuran dan Jenis Font Blog

Font Blog, jenis font blog, ukuran font blog,tulisan blog, jenis huruf blog

Untuk tutorial blog kali ini, saya akan membahas tentang Font (Jenis Huruf) yang ada di dalam blog post atau postingan kita. Saya memberikan tutorial ini karena saya merasa bahwa Font dan ukuran Font sangat berpengaruh terhadap niat visitor atau pengunjung blog untuk membaca artikel yang sudah kita buat. Kalau ukuran Font yang ada di blog kita terlalu kecil, hal ini akan membuat pengunjung malas untuk membaca artikel yang sudah kita buat walaupun saat itu, pengunjung blog sangat membutuhkan informasi yang sudah kita tulis. Font yang terlalu besar pun tidak bagus kalau kita terapakan di blog kita. 

Sebagai contoh :
"Blogger Tutorial Blog is all about blog"

Font yang memiliki ukuran terlalu besar, akan membuat pusing pengunjung, akan tetapi kalau misalnya kita buat artikel yang terdiri atas lima paragraph, kemudian pada point kalimat atau pada kalimat tertentu kita gunakan Font yang besar, hal ini malah menjadi hal yang positif buat artikel kita. Jadi, apa kesimpulannya disini? Gunakanlah Font yang sewajarnya. Ukuran Font janganlah terlalu kecil atau sangat besar. Ada kalanya Font yang besar kta gunakan saat menulis artikel. Terus Gimana caranya ganti font pada tulisan blog? Sobat blogger tinggal klik ikon atau gambar "F" di atas tempat sobat biasa menulis artikel (New Post). Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini!

Font Blog, jenis font blog, ukuran font blog,tulisan blog, jenis huruf blog

Kalau untuk ukuran Font blog bagaimana kita ganti? Oke, gini saja, kalu sobat blogger ingin mengganti ukuran dan jenis font, silahkan ikuti langkah di bawah ini:
Cara Ganti ukuran Font dan Jenis Font blog :
body {
font: $(body.font);
color: $(body.text.color);
background: $(body.background);
  • Kalau, sobat blogger ingin mengganti ukuran font saja, tambahkan kode font-size: 15px; Sehingga kodenya menjadi seperti ini:

body {
font: $(body.font);
font-size: 15px;
color: $(body.text.color);
background: $(body.background);

  • Kalau sobat blogger ingin mengganti jenis fontnya saja, ganti kode font: $(body.font); dengan kode font-family: verdana; Sehingga kodenya menjadi seperti ini:
body {
font-family: verdana;
font-size: 10px;
color: $(body.text.color);
background: $(body.background);
}
Tambahan :
10px adalah ukuran font, silahkan di sesuaikan
verdana adalh nama atau jenis font, silahkan sobat blogger sesuaikan juga

Kalau sobat blogger masih bingung dengan tutorial di atas, silahkan layangkan pertanyaan sobat melalui kolom komentar di bawah ini.

Baca tutorial menarik lainnya di bawah ini :

40 comments:

  1. makasih gan....nambah ilmu nieh

    ReplyDelete
  2. tarimakasih om.....Jelas Artikelx gk ribet buat pemula

    ReplyDelete
  3. dngan berubah seperti ini apa mengurangi kecepatan blog mas?

    ReplyDelete
  4. Makasih Mas Info & Ilmunya, Moga Bermanfaat.Amiin

    ReplyDelete
  5. keren abis gan tipsnya..
    Oh ya Gan saya ada tips cara dapat 1 juta lebih baclink utuk meningkatkan visitor, kalo agan berminat bisa agan lihat di

    Tips mendapat 1juta Baclink Gratis untuk Blogger

    trims, ditunggu kunjungannya.

    ReplyDelete
  6. teks infonya gan,,,sangat membantu saya,,,

    ReplyDelete
  7. blogwalking, nice blog, banyak artikel bermanfaat, thanks telah mengispirasi

    ReplyDelete
  8. thanks banget gan infonya :D
    http://minfone.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Kebetulan ukuran font blog yang saya pakai sangat tidak nyaman sekali ketika di perhatikan.., makasih info cara mengganti ukuran font sob.. sangat bermanfaat... salam kenal n saya tunggu kunjungan baliknya..

    ReplyDelete
  10. mantap sob .. Kebetulan ukuran font blog yang saya pakai sangat tidak nyaman sekali ketika di perhatikan.., makasih info cara mengganti ukuran font sob.. sangat bermanfaat... salam kenal n saya tunggu kunjungan baliknya..
    http://kutugaptek.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. wah ini yang ane cari2 ijin praktek dulu ya bro
    thanks

    ReplyDelete
  12. mksih bro....ayuk lihat harga handphone Nokia asha series murah harga dibawah Rp 900.000 ccuci gudang.

    http://idsamsungblackberry.blogspot.com/2014/01/daftar-harga-terbaru-nokia-asha-series.html

    ReplyDelete
  13. tks gan.. ramuan nya manjurr.. lagii blogwalking nii.. mampir yaakk...

    ReplyDelete
  14. kalau untuk mengganti jenis font yang lebih unik menggunakan font apa gan,apakah pake google font atau ada yang lain..

    ReplyDelete
  15. terimakasih mas atas artikelnya... sangat menarik tutorialnya..

    ReplyDelete
  16. Terimakasih banyak gan, sangat bermanfaat sekali tutorialnya..

    ReplyDelete
  17. Manteep sob untuk informasi artikelnya :)
    http://goo.gl/FKnH6q

    ReplyDelete
  18. Terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
  19. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  20. Halo gan, saya mau tanya, kenapa tiap saya mau post sesuatu di blog saya, hurufnya tidak mau sama semua, padahal saya sudah setting dengan font yang sama semuanya.
    contoh, kalimat pertama menggunakan font Times, tetapi kalimat yang kedua tetap di font Normal. Padahal saya sudah block semuanya dengan font Times. Saya ubah berulang kali tetap tidak bisa. Mohon pencerahannya gan :) makasi....

    ReplyDelete
  21. Terimakasih banyak gan, sangat bermanfaat sekali tutorialnya...salam sukses buat admin.

    ReplyDelete
  22. tank... yg ini benar benar work

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah, akhirnya saya berhasil ganti font di blog saya. Sudah saya coba dari tadi siang jam 12, ganti font yang dengan google font tapi tidak work. Saya coba cara ini langsung work. terimakasih banyak.

    ReplyDelete
  24. saya sudah coba tp kok blm bisa ya? tolong bantuannya

    ReplyDelete
  25. work gan makasi gan bantuannya.

    ReplyDelete
  26. mantap tutorialnya gan,,,, mmpir kuy k blog ane www.amaterasublog.com

    ReplyDelete